Menu Makanan Sehat Untuk Ibu yang Sedang Hamil Muda

Top Banner

Ibu yang sedang hamil muda memang membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup untuk kesehatan dirinya dan yang tak kalah penting adalah untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Karena itulah walaupun sedang merasakan mual karena hamil, ibu harus tetap mengupayakan makan makanan yang bisa mencegah mual dan tentunya makan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk tubuh. Lalu apa saja sih jenis asupan makanan yang bagus untuk ibu yang sedang hamil? Nah ini dia menu makanan sehat untuk ibu yang sedang hamil muda. Yuk simak ulasannya!

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu yang Sedang Hamil Muda

Perlu anda ketahui bahwa masa kehamilan trimester kedua terjadi pada usia kehamilan bulan ke 4-6. Pada saat inilah ibu hamil sudah dapat menikmati makanan dan minuman yang dikonsumsi tanpa merasakan adanya gangguan mual dan muntah. Untuk itulah, pada pada saat usia kehamilan ini, ibu hamil harus senantiasa dapat menjaga keseimbangan berat badan dengan konsumsi makanan sehat dengan memiliki kadar gizi yang seimbang. Menu makanan sehat yang dapat dikonsumsi ibu hamil di trimester kedua bergantung pada kebutuhan gizinya pada saat itu.

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu yang Sedang HamilMemilih-milih menu makanan untuk trimester kedua mungkin akan sedikit membuat ibu hamil kebingungan, karena memang ada begitu banyak jenis makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang serupa, hanya saja sebagian dari mereka belum mengetahui betul menu makanan sehari-hari yang baik itu seperti apa. Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang baik akan berpengaruh pada kesehatan si janin dalam kandungan.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

Nah, salah satu vitamin yang paling dibutuhkan ibu hamil di trimester kedua adalah vitamin D dan kalsium.Kedua jenis vitamin ini amat dibutuhkan si janin untuk membantu pertumbuhan tulang dan giginya yang kuat nantinya. Nah, selain kedua jenis vitamin tadi, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak Omega-3 yang tinggi, asam lemak ini berkhasiat dalam membantu perkembangan otak bayi anda. Makanan dengan kandungan asam lemak Omega-3 bisa anda dapatkan dari konsumsi seafood, terutama ikan salmon dan lain sebagainya.

Nah, sebagai referensi agar anda tidak bingung, ini dia beberapa pilihan menu makanan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam yang bisa anda ikuti!

Daftar Menu Makanan Untuk Hari Senin

  • Waktu Sarapan : Jus apel, bubur susu
  • Waktu Makan Siang : Salad buah
  • Makanan Ringan : Keju potong
  • Waktu Makan Malam : Ayam

Daftar Menu Makanan Untuk Hari Selasa

  • Waktu Sarapan : Smoothies, pancake buah
  • Waktu Makan Siang : salad buah dan ayam
  • Makanan Ringan : buah-buahan
  • Waktu Makan Malam : Salmon, brokoli rebus dan kentang rebus

Daftar Menu Makanan Untuk Hari Rabu

  • Waktu Sarapan : sereal susu dengan buah, smoothies
  • Waktu Makan Siang : sup dan roti
  • Makanan Ringan : buah-buahan
  • Waktu Makan Malam : ayam

Daftar Menu Makanan Untuk Hari Kamis

  • Waktu Sarapan : Bubur susu dengan teh
  • Waktu Makan Siang : ikan
  • Makanan Ringan : Buah-buahan
  • Waktu Makan Malam : ayam atau makanan dengan kandungan protein yang tinggi

Daftar Menu Makanan Untuk Hari Jum’at

  • Waktu Sarapan : Roti gandum, yougurt
  • Waktu Makan Siang : Sup
  • Makanan Ringan : buah pisang
  • Waktu Makan Malam : ayam goreng mentega atau ayam goreng

Daftar Menu Makanan Untuk Hari Sabtu

  • Waktu Sarapan : Jus buah, pancake buah
  • Waktu Makan Siang : Roti
  • Makanan Ringan : Buah dan pancake
  • Waktu Makan Malam : Mie sayuran atau ayam

Daftar Menu Makanan Untuk Hari Minggu

  • Waktu Sarapan : Telur dadar atau rebus, yougurt
  • Waktu Makan Siang : sup dan roti
  • Makanan Ringan : biskuit gandum
  • Waktu Makan Malam : Ayam atau telur

Demikianlah beberapa menu makanan yang dapat anda coba dirumah. Dengan mengetahui menu makanan diatas, anda bisa mengikuti untuk membuat menunya dan bisa anda konsumsi untuk kehamilan di trimester ke dua. Semoga bermanfaat ya!