Mengapa Sebaiknya Anda tidak Kegemukan?

Top Banner

Smartdetoxsynergy.co.id. Gemuk atau kegemukan adalah kondisi dimana berat badan melebihi yang seharusnya. Terjadi ketidakseimbangan antara berat dan tinggi badan. Kegemukan disebabkan oleh berbagai factor, mulai dari keturunan atau genetic, haya dan pola hidup, pola aktivitas dan lain-lain. Anda dapat menghitung apakah tubuh anda termasuk kategori ideal ataukah justru kelebihan berat badan atau gemuk?anda perlu menghitungnya untuk menghidnari berbagai resiko penyakti jika memang anda ternyata terlalu gemuk. Dalam menentukan berat ideal, Anda dapat menggunakan indeks massa tubuh (IMT) yang membagi berat badan dengan tinggi badan kuadrat. Jika nilainya melebihi 25 berarti anda dianggap kegemukan (overweight) dan obesitas jika nilainya melebihi 30. Selain menghitung IMT, Anda juga bisa mengukur kegemukan dari lingkar perut. Untuk wanita, maksimal adalah 80 cm dan 90 cm untuk pria.
Ketika berat badan anda naik, artinya lemak dalam tubuh anda juga bertambah. Secara otomatis resiko untuk terkena berbagai penyakit pun menjadi lebih tinggi karena beberapa kondisi seperti terjadinya hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi dan lain-lain. Selain itu, dengan berat badan berlebih otomatis aktivitas anda menjadi terbatas dan pergerakan anda menjadi kurang lincah. Lemak pada tubuh anda menumpuk ketika anda kegemukan sehingga kebutuhan oksigen dan zat makanan yang dialirkan melalui darah juga semakin meningkat. Secara otomatis kondisi ini menyebabkan jumlah darah yang mengalir ke seluruh tubuh pun harus meningkat. Kondisi seperti ini dapat mengakibatkan terjadinya tekanan darah tinggi.
Menurut sebuah studi, sebagian besar orang yang mengalami kegemukan dan obesitas ternyata menderita migraine atau sakit kepala sebelah secara rutin. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah, migraine yang dialami sudah mencapai stadium kronis dimana gejalanya dialami selama setengah hari dalam sebulan. Bahkan penyakit ini ditemukan pada mereka yang usianya belum mencapai 50 tahun, artinya usia muda pun bukan jaminan anda akan terhindar dari penyakit jika anda mengalami obestias dan kegemukan.
Jika anda pernah mendengar istilah kolesterol, kelebihan lemak dalam tubuh yang meningkatkan massa tubuh anda turut mempengaruhi peningkatan kolesterol jahat dan trigliserida yang berakibat pada resiko penyakit jantung koroner dan penyakit stroke. Selain itu, kelebihan lemak pada tubuh juga akan meningkatkan resiko diabetes karena kelebihan lemak akan berpengaruh pada kemampuan tubuh dalam menyeimbangkan gula darah. Kelebihan lemak bahkan dapat menyebabkan beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara pada perempuan, kanker pancreas dan batu empedu pada pria.
Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat untuk menurunkan berat badan anda karena penurunan berat badan sekecil apapun ternyata manfaatnya sangat besar untuk kesehatan anda. mungkin memang perlu usaha yang keras, namun anda tentu tidak akan menyesal jika hasilnya adalah kesehatan yang lebih baik demi masa depan anda.
obesitas
Sumber:
Kompas dot com
VIVAnews dot com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*