Lemak: Manfaat dan Bahayanya

Top Banner

smartdetoxsynergy.co.id. Selama ini mungkin mindset atau persepsi anda tentang lemak adalahs esuatu yang jahat dan berbahaya yang dapat membuat anda menjadi gemuk, bermasalah dengan kolestreol dan macam-macam penyakit yang lainnya. Yang anda belum tahu mungkin bahwa lemak juga dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai proses yang terjadi di dalamnya. Jadi tidak sepenuhnya benar jika anda bilang lemak itu berbahya, karena ternyata lemak dalam kadar yang cukup memiliki sejuta manfaat dalam tubuh manusia. Tubuh memerlukan sekitar 15-30% konsumsi lemak dari makanan yang dikonsumsi, artinya setiap anda makan sekitar 15-30 % nya harus berupa lemak. Apa saja untuk tubuh manusia?
Pertama, bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, lemak diperlukan dalam pembentukan sel dan membantu sel menjadi lebih lentur sehingga dapat menyerap nutrisi dengan baik, dengan demikian tumbuh kembang anak menjadi lebih maksimal.
Kedua, berfungsi untuk membawa vitamin A,D, E, dan K karena keempat jenis vitamin ini mudah larut dalam lemak. Tanpa lemak tubuh, Anda bisa kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit.
Ketiga, lemak berfungsi sebagai “Peredam kejut” pribadi. Dimana dalam hal ini keberadaan lemak menjadi pelindung atau bantalan bagi tubuh karena lemak mengelilingi organ-organ vital tubuh manusia, sehingga ketika terjadi benturan, atau mungkin resiko cedera tubuh dapat terlindungi oleh lemak yang ada.
Keempat, lemak juga sangat penting untuk perlindungan tubuh kita, yaitu membantu mengatur suhu tubuh, dan melindungi dari hawa yang sangat panas dan dingin.
Kelima, lemak menjaga dan meningkatkann kesuburan. Lemak erat kaitannya dengan produksi hormone termasuk hormone seks. Wnaita dengan kadar lemak tubuh yang rendah cenderung memiliki hormone estrogen yang rendah pula sehingga berpengaruh pada proses menstruasinya
Keenam, sebagai sumber energi dan daya tahan tubuh sehingga dapat terhindar dari kelelahan, dan penyakit. kekurangan lemak akan membuat anda menjadi kekurangan energy.
Ketujuh, lemak merupakan salah satu bagian dari struktur sel yang penting dalam menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku.
Manfaat lemak akan dapat dirasakan dan diperoleh oleh tubuh anda jika anda hanya benar-benar mengkonsumsi lemak yang baik, yaitu:

  1. Monounsaturated Fatty Acid (MUFA), yaitu lemak tak jenuh ikatan tunggal. Terdapat pada kacang-kacangan, minyak zaitun dan buah alpukat
  2. Poltunsaturates Fatty Acid (PUFA), yaitu lemak takjenuh ikatan ganda, terdapat pada ikan tuna, salmon, kakap dan tenggiri. Juga terdapat pada olahan kedelai, alpukan serta tauge

Adapun jenis lemak tak jenuh merupakan lemak yang jahat dan disarankan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menimbulkan penimbunan lemak. Lemak jenis ini terdapat pada kulit ayam, gorengan dan santan. Namun bukan berarti lemak itu harus dihindari sama sekali, anda cukup mengkonsumsinya secara seimbang dan tidka berlebihan. Idealnya, lemak pada tubuh pria sekitar 8-15% dari berat badan,s edangkan waita 20-30%. Jika tubuh anda menyimpan lemak yang terlalu berlebihan, maka akan memancingberbagai macam penyakit seperti kolesterol, hipertensi, dan lain-lain. Oleh karena itu, konsumsilah lemak sesuai dengan kebutuhan tubuh anda dan jangan berlebihan.
sarapan sehat
Sumber:
fk dot unud dot ac dot id
forumsains dot com
wanitaharmonis dot com

Incoming search terms:

  • content

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*