Jenis pantangan makanan untuk di konsumsi oleh ibu sedang hamil

Top Banner

Ibu yang tengah menjalani masa kehamilan, harus ekstra berhati-hati dalam menentukan menu makanannya. Karena perlu anda ketahui, bahwa tidak semua makanan itu baik untuk kehamilan, termasuk makan makanan sehat sekalipun. Anda harus cermat dan teliti dalam memilih menu makanan yang baik untuk dikonsumsi dan mana makanan yang menjadi pantangan bagi ibu hamil. Nah untuk membantu anda, berikut ini adalah jenis pantangan makanan untuk di konsumsi oleh ibu sedang hamil. Mari kita simak ulasannya!

Jenis pantangan makanan untuk di konsumsi oleh ibu sedang hamil

1. Semua Makanan Setengah Matang

Masakan yang biasa dimasak setengah matang adalah telur, daging, susu dan juga seafood. Makanan tersebut tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung bakteri salmonella. Jika sampai ditelan, ibu hamil akan terkena infeksi bakteri yang akan membahayakan janinnya.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

2. Sushi

Sushi adalah makanan mentah ala jepang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan sushi tidak steril dan masih mengandung bibit penyakit. Jika sampai dikonsumsi, janin bisa mengalami pembengkakan cairan di saraf kepalanya. Akibatnya kepala bayi akan berukuran besar.

Jenis pantangan makanan untuk di konsumsi oleh ibu sedang hamil3. Tape

Tape merupakan hasil fermentasi dari singkong. Pembuatan tape menggunakan ragi. Dan semua makanan dan minuman yang mengandung fermentasi tidak bagus bagi ibu hamil dikarenakan mengandung bahaya alkohol saat hamil tinggi. Kita sama sama mengetahui bahwa alkohol sangat berbahaya untuk ibu hamil.

4. Daging Berlemak

Daging berlemak tidak boleh dikonsumsi bagi ibu hamil karena bisa menimbulkan kolesterol dan gangguan kesehatan lainnya. Jika sampai ini terjadi, pada saat persalinan ibu hamil akan mengalami komplikasi.

5. Ikan Yang Mengandung Zat Berbahaya

Hati-hatilah dengan ikan yang memiliki warna kulit dan sisik lebih mengkilap. Ada juga kandungan merkuri yang sudah dikandung dalam tubuh ikan tanpa bantuan dari manusia. Berikut ini jenis ikan yang sebaiknya dihindari dikonsumsi :

  • Ikan tengiri yang sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan siomay dan empek-empek mengandung merkuri. Sebaiknya dihindari bagi ibu hamil.
  • Ikan todak juga mengandung merkuri.
  • Ikan yang ditangkap di daerah limbah dan memiliki kadar polutan tinggi.
  • Lebih aman jika ibu hamil mengkonsumsi ikan dari kolamnya sendiri atau kolam tetangga yang ibu hamil tahu kondisi kolamnya sehat atau tidak.

6. Sayur Nangka Muda

Makanan ini tidak boleh dikonsumsi dikarenakan mengandung banyak getah. Jika tidak bersih dalam mencucinya dan memasaknya tidak benar, janin dan ibu hamil akan mengalami gatal-gatal. Tidak hanya itu saja plasenta bayi juga menjadi lengket.

7. Seafood Mentah

Pecinta seafood pasti tidak tahu jika seafood mentah tidak baik bagi kehamilan. Seafood yang sifatnya mentah tidak boleh dikonsumsi, sedangkan seafood dalam kondisi matang boleh dikonsumsi asal jangan berlebihan. Alasan seafood mentah tidak boleh dikonsumsi dikarenakan mengandung bakteri seperti bakteri yang ada pada sushi.

8. Makanan Dengan Pemanis Buatan

Pemanis buatan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, baik yang terkandung pada makanan, minuman maupun camilan. Pemanis buatan akan menimbulkan hal-hal berikut ini pada janin:

9. Makanan Dengan Tinggi Gula

Makanan seperti kue basah maupun kue kering sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi karena kandungan gulanya sangat tinggi. Akibatnya adalah sebagai berikut : Bayi yang dilahirkan berukuran besar sebab glukosa bisa menyebabkan obesitas pada bayi serta kadar gula di dalam darah tinggi sehingga ibu hamil rentan mengalami komplikasi.

10. Kerang Mentah

Kerang juga merupakan seafood yang tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi mentah. Berbeda halnya dengan sushi dan seafood mentah, kerang mentah bisa menyebabkan ibu hamil keracunan. Hal itu diakibatkan seperti kerang mentah mengandung virus berbahaya.

11. Kacang Tanah

Tidak boleh dikonsumsi karena bisa menimbulkan alergi pada bayi di kemudian hari setelah ia dilahirkan.

12. Lalapan

Meski terlihat segar dan enak, namun lalapan yang bentuknya mentah tidak boleh dikonsumsi. Lalapan memiliki bakteri dan kuman meski sudah dicuci dengan bersih.

Wah banyak juga ya ternyata makanan pantangan bagi ibu hamil yang tidak boleh dikonsumsi karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Alangkah baiknya jika ibu juga berkonsultasi ke dokter kandungan mengenai menu makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil.