HOBI MENGUNTUNGKAN DARI MEMELIHARA HEWAN

Top Banner

Manusia suka . adalah teman-teman setia yang selalu mendampingi majikannya disaat suka maupun duka. Kesetiaan terkadang lebih kuat daripada kesetiaan diantara manusia itu sendiri. Maka tidak heran, banyak orang gemar , mulai dari masyarakat biasa, bahkan hingga artis Hollywood sekelas Paris Hilton dengan cihuahua nya.
Tapi tahukah Anda, memiliki hewan peliharaan bukan hanya sekedar soal hobi atau gaya hidup saja. Memiliki hewan peliharaan ternyata juga membantu memelihara kesehatan Anda. Selama 25 tahun terakhir , penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang hidup dengan hewan peliharaan cenderung lebih sehat daripada mereka yang tidak. Hewan telah terbukti dapat melakukan sejumlah hal untuk membantu meningkatkan kesehatan Anda, seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan imunitas, dan bahkan meningkatkan suasana hati.

1. Memberikan efek menenangkan
Hewan membantu menjaga manusia untuk sehat dan aktif secara fisik dan mental. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pemilik hewan peliharaan cenderung tidak mudah stress daripada yang tidak memelihara hewan. Efek menenangkan dari memelihara binatang terbukti dapat meningkatkan kesehatan psikis yang berpengaruh juga pada kesehatan fisik.
Hewan juga telah terbukti membantu orang dengan depresi dan penyakit yang sering menyebabkan depresi. Misalnya, orang dengan AIDS yang memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Bermain dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di otak. Kedua hormone tersebut adalah neurotransmiter yang memberi efek menyenangkan dan menenangkan pada tubuh.
Tingkat depresi atau stress yang rendah biasanya menunjang kesehatan fisik seseorang. Sebagai contoh, pemilik hewan peliharaan cenderung memiliki tekanan darah dan resiko penyakit jantung yang lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di New York State University, Buffalo, Amerika Serikat menunjukan adanya keterkaitan antara hewan peliharaan dan gangguan tekanan darah tinggi. Penelitian tersebut menggunakan koresponden yang terdiri dari 48 laki-laki dan perempuan yang berprofesi sebagai pialang saham. Seluruh koresponden tersebut menderita tekanan darah tinggi tanpa diserati gangguan kesehatan lainnya. Para koresponden semua tinggal sendirian dengan tidak ada hewan peliharaan setidaknya selama lima tahun.
Setengah dari peserta diberi hewan peliharaan untuk dibawa pulang dan setengah lainnya tidak. Setelah enam bulan, peneliti menemukan kondisi yang signifikan, dimana kelompok pialang saham yang kini memiliki hewan peliharaan cenderung memiliki tekanan darah yang rendah, sedangkan yang tidak memelihara hewan, tekanan darahnya cenderung tinggi.

2. Melawan alergi
Banyak orang khawatir, jika membawa hewan peliharaan kedalam rumah dapat menimbulkan alergi, khususnya pada anak-anak. Namun, studi terbaru telah membuktikan justru sebaliknya . Anak-anak yang tumbuh di rumah dengan hewan peliharaan cenderung lebih kecil memiliki alergi dan asma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan hewan peliharaan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

3. Mengurangi Kesepian
Banyak hewan peliharaan yang jauh lebih setia daripada pasangan kekasih Anda. Contohnya saja anjing legendaries Hachiko yang setia menemani tuannya hingga akhir hayatnya. Kesetiaan hewan peliharaan sebagai pendamping dalam kehidupan Anda dapat membantu menghilangkan rasa kesepian, khususnya bagi Anda yang hidup sendiri.
Begitu banyak manfaat dari memiliki hewan peliharaan, gaya hidup yang satu ini memang patut Anda coba dan rasakan manfaatnya.

DSC00119

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*