Hidup Sehat dengan Sprei yang Bersih

Top Banner

smartdetoxsynergy.co.id. Tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas kesehatan seseorang salah satunya bergantung pada kualitas tidur orang tersebut. Jika tidurnya cukup, sesuai dengan standar dan aturan maka dia akan lebih sehat, segar dan optimis dalam menghadapi berbagai aktivitas. Namun jika tidurnya kurang, terlalu banyak begadang, bahkan mengalami insomnia maka kesehatannya akan menjadi terganggu.
Tidur yang berkualitas ditentukan oleh factor kebersihan diri, kebersihan akamr tidur termasuk perangkat tidurnya, yaitu tempat tidur berikut spreinya. Dengan sprei yang bersih dan nyaman, maka seseorang akan lebih nyaman untuk tidur. Namun tak jarang orang-orang mengabaikan factor kebersihan sprei, mungkin bukan karena tidak peduli namun karena tidak tahu bahwa sprei yang terlihat selalu ebrsih pun memiliki tempo dan masa dimana dia harus diganti, dan saatnya dicuci.
Sprei, ternyata menjadi salah satu tempat tinggal kuman dan bakteri. Ketika anda dalam kondisi berkeringat misalnya, kemudian langsung merebahkan diri maka secara otomatis sprei anda akan terkena keringat yang dipenuhi oleh bakteri dari luar rumah. Disitulah bakteri akan berkembang dan sprei yang jarang diganti dapat memicu alergi serta asma.
Setidaknya, gantilah sprei anda seminggu sekali karena dengan membersihkan debu-debunya saja menggunakan sapu lidi ternyata itu tidak cukup. Masih banyak kuman dan bakteri yang menempel pada sprei, sarung bantal dan guling yang biasa anda gunakan. Jika anda pernah melihat, diantara debu-debu dan kuman pada sprei ada binatang kecil yang disebut tungau. Binatang ini betah sekali berlama-lama berada di tempat tidur yang kotor dan jarang dibersihkan. Akibatnya kulit anda menjadi merah-merah karena gigitan binatang ini. Selain itu, terkadang anda juga tidur dalam posisi tengkurap dimana anda bernafas langsung pada sprei. Jika sprei dalam keadaan kotor, maka pada saat bernafas itu akan masuk pula kuman dan bakteri bersama dengan debu yang menempel pada sprei anda.
Anda dapat memilih sprei anti tungau atau jika menggunakan sprei biasa lapisi bantal-guling anda dengan anti tungau yang sudah banyak dijual di pasaran. Yang paling penting adalah, rutinkan untuk anda seminggu sekali. Jangan malas untuk mencucinya meskipun masih terlihat sangat bersih, karena debu yang berisi kuman serta bakteri memang tak kasat mata, sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Jika memungkinkan sekali-sekali jemurlah tempat tidur anda agar membantu membasmi tungau yang sudah terlanjur bersarang dengan bantuan sinar matahari. Setelah dijemur, tempat tidur menjadi lebih hangat dan sangat nyaman untuk anda gunakan beristirahat melepaskan kepenatan. Dengan sprei yang bersih, maka kualitas tidur anda juga menjadi lebih baik, sehingga kualitas kesehatan anda juga meningkat. Selamat mencoba.
sprei
Sumber:
waspada dot co dot id
doktersehat dot com

Incoming search terms:

  • melepas sprei sarung bantal sarung guling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*