HIDUP SEHAT DENGAN JAUHI GEJALA ASAM LAMBUNG

Top Banner

Banyak dari para penderita asam lambung akan mengalami sensasi terbakar dan nyeri di perut dan di belakang tulang dada. Tidak hanya itu, ketika rasa sakit itu datang juga akan disertai dengan kembung, gas, mual serta sesak nafas. Hal ini muncul ketika asam klorida yang biasa digunakan perut untuk membantu mencerna makanan berubah fungsi justru mengiritasi lapisan sensitif di kerongkongan.

1. Kurangi Konsumsi Jenis Makanan Tertentu
Jika anda memiliki hernia hiatus, Anda mungkin akan sering mengalami perut mulas. Penyebab lainnya adalah konsumsi yang berlebihan untuk jenis makanan pedas, berlemak, goreng-gorengan, serta terlalu asam seperti tomat dan jeruk.
Beberapa jenis makanan telah diketahui sebagai penyebab utama perut mulas dan asam lambung. Jenis makanan yang termasuk didalamnya yaitu makanan olahan , minuman berkarbonasi, alkohol, bawang, produk tomat, makanan yang digoreng dan cokelat. Namun begitu tidak semua jenis makanan ini dapat menimbulkan gejala asam lambung dalam diri setiap orang. Anda hanya perlu untuk membuat catatan makanan harian Anda untuk mengetahui bagaimana masing-masing jenis makanan mempengaruhi Anda terkait dengan gejala yang ditimbulkannya.

2. Manfaatkan Obat Herbal
Beberapa obat herbal telah mampu mencegah timbulnya gejala asam lambung. Teh chamomile dipercaya mampu mengurangi iritasi pada kerongkongan. Cukup tuangkan air mendidih pada segelas cangkir, kemudian masukkan dua hingga tiga sendok teh bunga chamomile kering maupun segar. Lalu diamkan selama lima belas hingga dua puluh menit. Anda dapat meminumnya hingga tiga kali sehari. Selain teh chamomile, teh adas dapat digunakan sebagai alternatif lain untuk mengatasi asam lambung.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran
Anda dapat memasukkan sayuran mentah kedalam makanan Anda dan kurangi porsi makan Anda setiap harinya. Dengan metode ini maka perut Anda akan memproduksi asam lambung lebih sedikit, sehingga hal ini akan mengurangi resiko iritasi yang terjadi. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan nanas maupun pepaya segar yang akan berguna untuk membantu proses pencernaan maupun mencegah munculnya gejala asam lambung.
Anda juga dapat mengkonsumsi jus kentang sebagai solusi alternatif lainnya. Untuk mengkonsumsinya, Anda juga diharuskan meminum air mineral dengan porsi yang setara. Beberapa orang memiliki cara lain dengan mencampurkan satu sendok sari apel dengan segelas air mineral dan meminumnya bersama makanan mereka.

4. Perhatikan Obat-Obatan yang Anda Konsumsi
Antasida mampu mengatasi gejala asam lambung cepat, tetapi antasida juga bisa menutupi gejala penyakit lainnya yang mungkin Anda derita. Sebagian besar antasida mengandung sodium yang tinggi, aluminum, magnesium dan kalsium. Jika antasida dikonsumsi secara berlebihan, akan menghasilkan mineral berbahaya yang jumlahnya tidak seimbang didalam tubuh.

Obat-obatan bereaksi dengan cara menekan produksi asam lambung. Efek samping yang terjadi akan terlihat setelah penggunaan jangka panjang dari obat-obatan tersebut. Beberapa obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen dapat mengiritasi perut Anda dan dapat memicu gejala asam lambung terjadi. Jika saat ini Anda mengkonsumsi obat-obatan ini , pastikan makan sesuatu terlebih dahulu sebelum Anda mengkonsumsinya untuk melindungi perut Anda.

HIDUP SEHAT DENGAN JAUHI GEJALA ASAM LAMBUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*