Gizi dan Makanan Ibu Hamil

Top Banner

Gizi dan makanan ibu hamil harus selalu terpenuhi untuk kesehatan ibu dan juga untuk tumbuh kembang bayi yang ada di dalam kandungan. Kemudian cara untuk memenuhi asupan gizi ibu hamil adalah dengan mengatur pola makan sehat serta mengetahui ukuran kalori yang dibutuhkan dalam sehari. Nah berikut adalah ulasan yang mengulik seputar informasi kalori dan beberapa jenis makanan bergizi untuk ibu hamil. Yuk kita simak ulasannya berikut ini!

Gizi dan Makanan Ibu Hamil

Untuk jumlah kebutuhan kalori ibu hamil sesuai dengan usia kehamilannya, yaitu:
Makanan untuk ibu hamil muda atau enam bulan pertama kehamilan ( trimester pertama dan kedua), sebaiknya mengandung kalori sekitar 2.000 kalori per hari. Namun, selama tiga bulan terakhir kehamilan ( trimester ketiga), Ibu hamil  akan membutuhkan tambahan 200 kalori per hari, sehingga totalnya sekitar 2.200 kalori per hari.

Gizi dan Makanan Ibu HamilDan untuk jenis makanan, wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 10% kalori  dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% sumber kalori lainnya dari karbohidrat. Di samping sumber kalori tersebut makanan ibu hamil juga harus mengandung lebih banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium (yang diperlukan untuk kelenjar tiroid) dan seng. Semua nutrisi ini dapat ditemukan dalam produk segar dan protein.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

Nah berikut ini adalah beberap jenis makanan bergizi yang dikategorikan berdasarkan usia kandungan:

  • Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama (I)
  1. Pisang
    Pisang baik dikonsumsi untuk ibu hamil timester pertama karena dapat mengurangi mual (ngidam) yang biasanya dialami ibu hamil muda tiga bulan pertama. Pisang adalah sumber vitamin B6 yang tinggi (membantu mengatasi morning sickness), selain itu pisang juga mengandung serat, vitamin C, asam folat dan potasium.
  2. Bayam
    Sayuran hijau yang satu ini baik untuk ibu hamil muda karena banyak mengandung asam folat. Asam Folat yang memadai diperlukan pada awal kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu Bayam juga mengandung serat, mangan, besi, vitamin A, C dan K.
  3. Kacang-kacangan
    Sebagian besar dari kita tahu bahwa kacang-kacangan merupakan sumber protein dan serat, oleh karena itu kacang selama kehamilan akan membantu mengatasi sembelit. Hampir 40 persen wanita hamil akan menjadi sembelit selama kehamilan. Penyebab sembelit tersebut meliputi tekanan rahim yang semakin besar, hormon progesteron yang memperlambat gerak pencernaan, dan suplemen zat besi. Kacang juga mengandung sumber yang kaya akan asam folat dan zat besi.
  • Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua (II)
  1. Telur
    Telur menjadi makanan yang bergizi untuk ibu hamil karena Kuning telur mengandung kolin, nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam perkembangan otak bayi (janin) di samping meningkatkan otak Anda sendiri. Ibu hamil harus mendapatkan sekitar 450 mg choline setiap hari. Dan jika Anda vegetarian atau tidak suka telur, sumber-sumber lain yang mengandung choline termasuk daging sapi, susu dan kacang kedelai.
  2. Alpukat
    Alpukat merupakan seumber serat, vitamin K, asam folat, vitamin C, kalium dan vitamin B6. Dengan kandungan yang bermanfaat itulah, alpukat diketahui dapat membantu mengurangi morning sickness dan membantu pertumbuhan otak bayi dan pertumbuhan jaringan lho!
  • Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga (III)
  1. Lemak Ikan
    Lemak pada ikan laut kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat membantu membantu jantung dan menguatkan kesehatan otak. Makan sampai 12 ons ikan per minggu dianggap aman untuk ibu hamil selama kehamilan.
  2. Kacang- Kacangan
    Kacang-kacangan adalah sumber protein dan lemak yang sehat untuk jantung. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, pistachio dan kacang mete semua memiliki lemak sehat, protein dan serat.
  3. Pepaya
    Pepaya kaya akan vitamin C, asam folat, serat, dan potasium. Pepaya juga bisa mengatasi sembelit, yang sering dialami selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Namun, wanita hamil hanya boleh makan pepaya matang, karena pepaya yang masih mentah kebanyakan mengandung pepsin dalam pada getahnya (resin dari pohon pepaya), yang dapat menyebabkan kontraksi.

Nah demikianlah ulasan seputar makanan yang bergizi bagi ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk anda ya!