Gemuk : Gaya Hidup atau Keturunan?

Top Banner

smartdetoxsynergy.co.id. Kelebihan berat badan yang menyebabkan tubuh menjadi cenderung cepat gemuk dipengaruhi dan disebabkan oleh beberapa factor, yaitu factor kurangnya aktivitas untuk bergerak, pola makan dan gaya hidup, kurangnya olahraga dan juga factor genetic atau keturunan. Ada factor-faktor yang memang dapat dimodifikasi atau diubah oleh diri kita sendiri, misalnya pola hidup, kebiasaan berolahraga, gaya hidup. Ada pula factor yang tidak dapat dimodifikasi, yaitu factor genetic atau keturunan.
Mengutip dari berbagai penelitian para ahli gizi dan dokter, bahwa faktor genetik ternyata turut mempengaruhi berat badan seseorang. Jadi, jika Anda gampang gemuk, bisa jadi memang ini dipengaruhi oleh factor keturunan, dimana memang secara riwayat genetic keluarga anda memang cenderung memiliki gen gemuk. Namun dmeikian, meskipun factor ini merupakan factor yang tidak dapat dimodifikasi, bukan berarti impian anda untuk memiliki tubuh langsing ideal menjadi tidak mungkin.
Faktor genetic memang berpengaruh terhadap berat badan dan membuat seseorang mewarisi gen gemuk dari orang tuanya. Oleh karena itu yang paling tepat untuk mencegah berat badan bertambah adalah mulai untuk menanamkan komitmen dan tanggung jawab dalam diri sendiri untuk . Caranya, dengan menerapkan gaya dan pola hidup yang sehat.
Dalam beberapa tahun terakhir, telah di identifikasi berbagai gen dalam tubuh yang bertanggung jawab terhadap kegemukan. Gen kegemukan bukanlah vonis mutlak Anda akan menjadi gemuk. Gen penyebab kegemukan yang dikombinasikan dengan gaya hidup yang sehat maka akan mengakibatkan resiko kegemukan mejadi lebih mungkin terjadi. Oleh karena itu, apabila anda mengetahui bahwa keluarga anda memiliki dan mewarisi gen gemuk, seharusnya anda mula berfikir untuk mencegah kegemukan pada diri anda dengan membuat gay ahidup anda menjadi lebih sehat.
Gaya hidup yang dimaksud sangat bermacam-macam. Mulai dari pola makan, pola tidur, pola aktivitas, kebiasaan olaharga, dan lain-lain. Memutuskan untuk mengatur pola makan agar lebih sehat, mengatur waktu tidur yang tepat, membiasakan diri untuk berolahraga, dan memperbanyak aktivitasyang menggerakan tubuh dibandingkan dengan terlalu banyak beristirahat dapat membuat gen gemuk anda dapat dicegah untuk terus berkembang.
Selain itu, yang perlu anda ketahui bahwa segala sesuatu yang instant itu tidaklah selalu mungkin terjadi. Anda mungkin perlu berjuang lebih keras, tidak hanya untuk mendapatkan berat badan ideal, tubuh yang langsing dan ideal, tetapi juga untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. tubuh yang gemuk lebih rentan terkena penyakit, oleh karena itu mulai sekarang tidak eprlu berkecil hati bagi anda yang memang keturunan keluarga gemuk, karena semua itu dapat anda kendalikan sendiri.
IMG_7428
Sumber:
klikdokter dot com
health dot kompas dot com
lifestyle dot kompasiana dot com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*