Faktor penyebab kegemukan dan cara mengatasinya

Top Banner

Belakangan ini, kasus obesitas mulai mengalami peningkatan secara pesat. Dan hal itu tidak hanya terjadi di dalam negara -negara maju saja, tapi juga sudah banyak kasus di negara berkembang termasuk Indonesia. Menurut laman web wikipedia.co.id, obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan/atau meningkatkan masalah kesehatan. Lantas apakah faktor penyebab kegemukan dan cara mengatasinya. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini ya!

Faktor penyebab kegemukan dan cara mengatasinya

Nah berikut ini adalah 3 macam faktor yang menyebabkan kegemukan atau obesitas pada seseorang:

  1. Gaya hidup.

Obesitas bisa terjadi karena banyak faktor, “Namun, 90% obesitas terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat,” kata dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Salah satu faktornya adalah karena asupan makanan yang melebihi kebutuhan tanpa diimbangi aktivitas yang cukup, atau istilah kerennya, sedentary lifestyle (gaya hidup tanpa banyak bergerak). Padahal,  aktivitas yang cukup diperlukan untuk membakar kelebihan energi yang ada. Jika hal ini tidak terjadi, maka kelebihan energi akan diubah menjadi lemak dan disimpan di dalam sel-sel lemak. Tapi, jangan langsung panik saat mengingat jumlah makanan yang Anda makan tadi malam. Sebab hal ini tak terjadi dalam waktu singkat, tapi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

2. Genetik.

Faktor lain yang juga dapat menyebabkan terjadinya obesitas adalah faktor genetik, yaitu sebanyak 25-35 %. Jadi, jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki riwayat obesitas, maka Anda memiliki risiko yang lebih tinggi menderita  obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak. “Tapi  faktor genetik juga berhubungan dengan masalah gaya hidup yang kurang sehat,” kata dr. Inge. Sebab jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki masalah obesitas yang disebabkan karena hal tersebut, maka hal itu juga akan memengaruhi Anda.

3. Faktor Usia dan obat obatan

Beberapa hal lain yang turut berperan dalam obesitas adalah konsumsi obat-obatan tertentu –seperti obat depresi– dan faktor usia. Saat usia Anda bertambah, maka kinerja sistem metabolisme Anda akan menurun. Hal ini menyebabkan lemak menjadi lebih cepat tersimpan. Hasilnya? Tubuh Anda akan membesar.

Setelah mengetahui penyebab dari obesitas itu sendiri, berikut ini adlaah beberapa cara efektif dalam mengatasi obesitas atau kegemukan yang terjadi pada seseorang:

  • Perbanyak minum air putih

Banyak Minum Air Putih dan Kurangi Minuman Bersoda yang mengandung banyak gula (4 kaleng soda per minggu bisa membuat berat badan naik 0,5 kg). Sementara air putih membantu melarutkan lemak dalam tubuh.

penyebab kegemukan dan cara mengatasinya

  • Menghindari camilan yang tidak sehat dan konsumsi camilan yang lebih sehat

Hindari Camilan Padat Kalori. Sudah saatnya Anda tahu bahwa gula yang terkandung dalam keripik kentang jauh lebih besar dari gula yang terkandung dalam sepiring nasi!

  • Cukupi kebutuhan serat untuk tubuh

Perbanyak Serat Dari Buah dan Sayuran, yang akan melapisi dinding usus sehingga Anda akan lebih mudah cepat merasa kenyang.

  • Lakukan pola hidup yang aktif

Kalau malas bergabung dalam klub kebugaran, jogging setiap akhir pekan bisa menjadi pilihan, biasakan menggunakan tangga daripada lift saat di kantor atau bersepeda ke kantor (bike-to-work) bisa menggantikannya.

  • Buatlah target agar anda lebih bersemangat dalam menjalani .

Agar diet Anda semakin bersemangat. Anda perlu membuat target pencapaian, misalnya bulan ini bisa menurunkan berat badan 2 kg saja.

  • Ajaklah teman anda untuk melakukan diet sehat bersama

Mereka bisa menjadi penyemangat Anda. Ajak mereka melakukan pola hidup sehat. Dijamin diet Anda menjadi mengasyikan dan tidak membebani.

  • Lakukan diet karbo dan konsumsi makanan yang direbus

Jika berat badan Anda mulai berlebih di atas batas normal, maka Anda perlu sedikit melakukan diet karbohidrat (nasi, keripik, kentang goreng), lemak (minyak, makanan yang digoreng, margarin) dan semua makanan yang diolah memakai gula (sirup, permen dan selai).

  • Konsumsi yoghurt yang baik utnuk pencernaan

Yogurt bisa menjadi microflora yang berfungsi mencegah masuknya penyakit ke dalam saluran penceranaan Anda. Cukup mengonsumsi yogurt 1 atau 2 gelas sehari saja sudha cukup membantu Anda mencegah obesitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*