Efek makanan pedas bagi ibu hamil muda

Top Banner

Ibu yang sedang mengalami masa kehamilan, harus ekstra berhati-hati dalam memilih menu makanannya. Ibu hamil tidak boleh makan sembarang yang bisa membahayakan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Makanan yang boleh diasup oleh ibu hamil harus makan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi agar proses tumbuh kembang sang janin berjalan dengan baik dan lancar. Lalu bagaimana dengan ibu yang suka dengan makan makanan yang pedas? Adakah efek makanan pedas bagi ibu hamil muda yang berbahaya bagi janin? Nah temukan jawabannya di ulasan berikut ini ya!

Efek makanan pedas bagi ibu hamil muda

Efek makanan pedas bagi ibu hamil mudaMeskipun makanan pedas tidak akan membahayakan janin yang sedang berkembang selama kehamilan, namun dapat berpengaruh terhadap anda. Sementara kebanyakan ibu hamil bisa makan makanan pedas tanpa ada masalah, akan tetapi sebagian ibu hamil lainnya apabila mengkonsumsi makanan yang pedas dapat menyebabkan rasa mulas dan juga  pencernaan lainnya. Makanan pedas juga dapat mempengaruhi morning sickness (mual, sakit perut atau muntah akibat perubahan kadar hormon ) terhadap ibu yang sedang hamil. Karena itu sebaiknya tetap mengkonsumsi berbagai makanan yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya, agar seimbang selama kehamilan untuk memastikan anda dan bayi anda menerima nutrisi yang anda butuhkan.

Para ahli medis setuju bahwa makanan pedas aman untuk dikonsumsi pada saat anda hamil. Memakan makanan yang pedas tidak akan membahayakan bayi dan tubuh anda, akan tetapi dapat membantu bayi anda menyerap kandungan zat yang ada pada makanan tersebut meskipun makanan itu pedas. Tetapi ada hal lain yang harus dihindari yaitu memakan makanan daging yang belum matang, seperti unggas atau makanan laut, dan juga susu yang tidak dipasteurisasi. mengkonsumsi ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi seperti ikan todak, hiu dan mackerel,dapat mempengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan sehingga menyebabkan cacat lahir, karena ikan tersebut pemangsa ikan yang lebih kecil.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

Meskipun makanan pedas aman dikonsumsi selama kehamilan, anda mungkin mempertimbangkan kembali jika anda mengalami masalah pencernaan lainnya atau mulas. Makanan pedas mungkin akan menyebabkan mulas dan refluks asam, dua masalah umum yang terjadi pada saat anda hamil. Jika anda mengkonsumsi makan makanan pedas, sebaiknya minum segelas susu untuk membantu meredakan mulas. satu sendok makan madu juga dapat membantu mencegah sakit maag setelah memakanan makanan pedas.

Namun ada beberapa hal yang perlu diwaspadai dari efek makanan pedas ini:
Bahaya makanan pedas untuk ibu hamil setidaknya ada 3 yang harus diperhatikan yaitu, timbulnya rasa mulas, diare, dan kontraksi.

  1. Rasa mulas

Pengaruh makanan pedas pada ibu yang sedang hamil akan berbeda satu dengan ibu hamil lainnya. Beberapa orang ibu hamil bisa jadi tidak mengalami apa – apa saat ia mengkonsumsi makanan pedas, namun kejadiannya bisa lain pada beberapa ibu hamil yang lainnya. Rasa mulas bisa timbul saat ia sedang maupun setelah mengkonsumsi makanan pedas tersebut.

  1. Diare

Pada ibu hamil, jika ia mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan mungkin akan menyebabkan diare. Jika diare ini terus menerus terjadi dan si ibu mengalami dehidrasi, disinal bahaya pada ibu dan janin akan mengintai. Usahakan jika ibu hamil mengalami diare, selalu diberi minum untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

  1. Meningkatkan Jumlah Pelepasan Prostaglandin (Kontraksi)

Pada ibu hamil, konsumsi makanan yang pedas dengan jumlah banyak bisa memicu terlepasnya hormone prostaglandin. Pelepasan prostaglandin dalam jumlah yang tinggi akan mendorong otot – otot halus sehingga terjadilah kontraksi. Sehingga hal ini mungkin akan sangat mengganggu dan anda pun akan mengira jika anda mungkin hendak melahirkan.

Secara umum, ibu hamil yang mengkonsumsi makanan pedas sebenarnya tidak masalah. Berbeda dengan mitos – mitos yang berkembang di masyarakat, dokter sendiri mengungkapkan jika tidak ada masalah seorang ibu hamil yang memakan makanan pedas. Makanan pedas juga tidak memiliki pengaruh buruk pada janin yang sedang dikandung oleh si ibu. Janin yang dikandung di dalam Rahim hanya akan mendapatkan makanan dari nutrisi yang terserap. Jadi untuk rasa pedasnya tidak akan terserap oleh si janin.

Namun ibu harus tetap membatasi porsi makanan pedasnya dan jangan sampai berlebihan ya!

Incoming search terms:

  • makanan yang tidak baik untuk ibu hamil
  • makanan ibu hamil muda
  • bahaya makan boncabe waktu hamil
  • makanan yg baik untuk ibu hamil muda
  • makanan orang hamil
  • makanan ibu hamil
  • hamil mkan boncabe
  • efek bon cabe pada janin
  • boncabe buat bumil
  • bolehkah ibu hamil makan boncabe
  • nutrisi untuk ibu hamil muda