Daftar Menu Makanan Ibu Hamil Muda

Top Banner

Ibu yang tengah hamil muda, perlu ekstra hati hati dalam memilih menu makanannya sehari-hari. Apalagi bagi ibu yang baru pertama kali hamil, pasti merasa bingung makanan apa saja ynag baik untuk dikonsumsi dan makanan apa saja yang harus dihindari agar tidak membahayakan kesehatan janin. Nah berikut ini adalah daftar menu makanan ibu hamil muda bisa membantu anda dalam memilih menu sehat sehari-hari. Yuk simak ulasannya beirkut ini ya!

Daftar Menu Makanan Ibu Hamil Muda

Berikut adalah beberapa panduan makanan yang dapat anda lakukan ketika sedang hamil muda :

  1. Sereal

Pada pagi hari seringkali menjadi masalah bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan. Sehingga anda dapat mengatasi gangguan mual, muntah dan kehilangan nafsu makan dengan mengkonsumsi sereal. Sereal selain memiliki variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan anda juga mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin. Kandungan dari gandum utuh dapat mengandung energi dan serat yang disesuikan dengan kebutuhan ibu hamil.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

daftar menu makanan ibu hamil muda

  1. Produk susu

Kandungan yang terdapat di dalam susu dapat membantu anda dalam mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak dan pembentukan otot dan juga transportasi oksigen ke janin. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein dan mineral maka dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan bayi. Pilihan susu kedelai dapat menjadi alternatif anda yang mempunyai kecukupan vitamin D dan rasa yang berbeda juga tambahan manfaat bagi ibu hamil.

3. Ikan

Makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3 dapat membantu pembentukan otak janin meskipun demikian anda harus berhati-hati karena kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu akan menggangu perkembangan janin. Hindari pula mengkonsumsi ikan yang mentah karena dapat meningkatkan kadar lemakk jenuh di dalam tubuh.

  1. Kacang-kacangan

Tambahkan pula makanan jenis kacang-kacangan yang diperlukan dalam pengembangan sistem saraf pada bayi misalnya kacang hijau yang akan kandungan asam folat dan vitamin B. Selain itu kacang-kacangan berguna bagi energi dan kekebalan tubuh ibu hamil muda.

  1. Air dan Vitamin

Kandungan air dan vitamin penting untuk diperhatikan. Bagi ibu hamil yang seringkali mengalami mual maka anda dapat mengkonsumsi lebih banyak air putih yang dicampurkan dengan sari buah tanpa tambahan gula.

Penting untuk menambah vitamin yang mendukung masa kehamilan apalagi diusia kehamilan muda. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada bidan atau dokter untuk mendapatkan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan kandungan anda.

  1. Buah dan Sayur

Lengkapi pula dengan tambahan sayuran yang mengandung zat besi yang didapat dari sayuran hijau dan mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi. Nah ini dia beberapa buah-buahan yang bagus untuk kehamilan anda:

  • Kurma

Beberapa kandungan gizi di dalam buah kurma ini diantaranya adalah kalium, serat, mangan, fosfor, besi, belerang, magnesium, dan kalsium. Beberapa mineral seperti zat besi adalah salah satu yang bermanfaat bagi seorang ibu hamil. Pasalnya zat besi ini bisa membantu tubuh memproduksi hemoglobin, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari kemungkinan terkena anemia. Selain itu rasa kram yang sering dialami ibu hamil juga bisa teratasi dengan kalium yang ada pada buah kurma..

  1. Alpukat

Gizi yang terkandung dalam alpukat ternyata bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung asam folat, kalium dan vitamin B kompleks, di mana zat-zat tersebut memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk tumbuh kembang janin.

  1. Manggis

Buah Manggis kaya akan vitamin C. Dan ternyata vitamin C yang ada dalam hamil mampu membantu elastisitas kulit tubuh ibu hamil selama masa kehamilan karena biasanya kondisi tubuh sang ibu semakin hari akan semakin membesar.

  1. Buah Naga

Bagi ibu hamil yang sering merasa ada dahak yang mengganjal, maka dengan mengonsumsi buah naga ini akan memantu sang ibu untuk mengeluarkan dahak tersebut.

  1. Apel

Banyak sekali vitamin-vitamin dalam buah apel yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan juga vitamin C. Bagi ibu hamil, kandungan serat yang tinggi pada apel juga membuat buah ini sangat baik untuk mengatasi penyakit diare atau sembelit.

Nah demikianlah daftar menu makanan untuk ibu hamil muda. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Incoming search terms:

  • daftar nama makanan ibu hamil