Cara Sehat Minum Kopi

Top Banner

Smartdetoxsynergy.co.id. Anda penikmat kopi?memang kopi adalah minuman yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tidak heran jika saat ini banyaks ekali bermunculan kedai-kedai kopi modern untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat. Minum kopi kini tidak hanya dilihats ebagai sebuah kebiasaan namun sudah lebih mengarah ke gaya hidup. Namun semua orang memahami termasuk juga para penggemar kopi bahwa minum kopi tidaklah selalu aman untuk kesehatan. Bahkan, sudah banyak sekali macam-macam kasus keluhan yang terjadi akibat minum kopi. Tahukah anda bahwa minum kopi memiliki aturan tersendiri agar tetap aman untuk kesehatan anda?berikut kami sajikan agar anda tetap dapat menikmati kopi tanpa khawatir akan efek sampingnya.
Pertama, penting bagi anda untuk mengenali reaksi pad adiri sendiri setelah mengkonsumsi kopi. Sebagian orang mengeluh setelah minum kopi kemudian menjadi mual, kembung, bahkan terasa nyeri pad alambung. Artinya anda harus menghindari minum kopi dalam kondisi perut kosong.
Kedua, kopi memiliki banyak varian dengan kadar keasaman yang berbeda-beda yang akan mempengaruhi system pencernaan anda. Anda perlu mengenali jenis kopi yang akan anda konsumsi agar dapat mengukur kemampuan tubuh anda dalam menerima keasaman kopi.
Ketiga, hindari takaran yang berlebihan. Anda dapat mengkonsumsi kopi maksimal 180 ml kopi hitam yang mengandung 600 ml kafein.
Keempat, hindari menambah gula atau pemanis buatan. Kopi hitam ternyata lebih sehat dibandingkan dengan kopi yang sudah diolah menjadi latte, frappucino, cappucino dan sejenisnya. Karena kandungan gulanya sangat banyak. secangkinya mengandung kurang lebih 300 – 400 kalori. Selain itu, penambahan krimmer pad akopi juga tidak dianjurkan, kalaupun ingin menambahkan krimmer sebaiknya pilih krimmer yang terbuat dari santan kelapa karena mengandung lemak sehat yang baik untuk kekebalan tubuh anda. Untuk memberikan rasa yang nikmat anda dapat menambahkan bubuk kayu manis atau bubuk coklat murni pad akopi anda.
Kelima, pastikan air yang digunakan untuk menyeduh kopi adalah air yang bersihd an sehat. Cangkir, sendok dan epralatan lainnya seperti coffee maker yang dipakai juga sebaiknya dipastikan sudah benar-benar bersih. Terakhir, gunakanlah air yang telah mendidih agar seluruh rasa kopi lebih tajam dan mantap saat diminum. Tunggulah sekitar 30 – 60 detik sebelum menuangkannya kedalam gelas.
Keenam, waktu yang baik untuk meminum kopi adalah menjelang siang, antara pukul 9.30 dan 11.30 siang bukan di pagi hari pada saat anda bangun tidur. Sebab saat masuk ke dalam tubuh, kafein akan bereaksi dengan hormon kortisol yang membantu mengatur jam kerja tubuh dan meningkatkan kewaspadaan. Saat pagi hari, hormon kortisol biasanya meningkat secara alami setelah bangun tidur dan levelnya akan tetap tinggi hingga beberapa jam kemudian. Hormon kortisol paling tinggi antara pukul 8-9 pagi, oleh sebab itu tidak perlu lagi mengasup minuman berkafein di waktu tersebut. Sebab minum kopi ketika level kortisol sedang tinggi-tingginya bisa membuat tubuh ‘kecanduan’.
Terakhir, tetaplah rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh anda terutama di pagi hari. Kesegaran tubuh yang mungkin anda harapkan dari secangkir kopi di pagi hari sebaiknya digantikan dnegan olahraga. Lalu aturlah jadwal minum kopi anda pada waktu menjelang siang.
kopi
Sumber:
Kabarinews dot com
manfaatkopi dot com
wolipop dot detik dot com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*