Cara Menurunkan Berat Badan Wanita Dengan Cepat Setelah Melahirkan

Top Banner

Cara Menurunkan Berat Badan Wanita Dengan Cepat Setelah Melahirkan 2Melahirkan adalah moment yang paling ditunggu tunggu oleh seorang ibu yang sedang hamil tua. Ya, siapa ibu yang tidak merindukan perjumpaan dengan buah hatinya? Melihat wajahnya, merasakan detak jantungnya, menggendong tubuh mungilnya, dan tentunya untuk mencurahkan kasih sayangnya secara langsung. Melahirkan adalah sebuah anugrah yang diberikan Tuhan kepada makhluk yang bernama perempuan. Hanya wanita yang bisa melahirkan, bukan laki – laki. Itulah yang menjadikan perempuan sebagai makhluk yang special. Selama proses hamil dan menjelang melahirkan, peningkatan berat badan bukanlah hal yang aneh dan harus diterima setiap ibu. Namun jangan khawatir, berikut adalah cara menurunkan berat badan wanita dengan cepat setelah melahirkan. Yuk simak ulasannya!

Cara Menurunkan Berat Badan Wanita Dengan Cepat Setelah Melahirkan

  1. Menyusui

Menyusui ternyata tidak hanya berdampak positif untuk bayi dalam tumbuh kembangnya. Tetapi bila kamu menyusui, maka itu adalah salah satu cara mudah dan murah untuk bisa kembali langsing setelah melahirkan lho! Karena saat kamu memberikan ASI eksklusif, maka sudah terjadi pengurangan timbunan lemak pada tubuh. Lemak yang disimpan akan dipergunakan untuk memproduksi ASI.

  1. Mengasuh Buah Hati Kamu Sendiri

Mengasuh bayi tanpa bantuan baby sitter ternyata bisa membuat kamu cepat langsing kembali setelah melahirkan. Mengerjakan sendiri segala keperluan bayi mulai dari memandikan bayi, ,mengganti popok, menggendong bayi, menidurkan bayi, menyusui hingga mengajak bayi bermain ternyata sudah menguras energi.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

Sebab, aktivitas mengasuh dan mengurus bayi menyita waktu dan perhatian yang cukup banyak. Tidak hanya konsentrasi tetapi juga tenaga banyak keluar untuk mengasuh bayi tanpa dibantu seorang baby sitter. Tidak hanya bisa kurus, kamu juga bisa merasakan kedekatan yang special dnegan buah hatimu.

  1. Berat Badan Akan Perlahan Menurun Karena Perubahan Hormon

Mungkin kamu akan terkejut dan sedikit kesal melihat perutmu setelah melahirkan. Walaupun si kecil sudah lahir, tapi perutmu masih saja bulat dan terlihat seperti masih hamil enam bulan! Memang butuh waktu untuk tubuhmu apalagi perutmu untuk betul-betul kembali ke bentuk semula seperti sebelum hamil. Ketika bayimu lahir, perubahan hormon akan membuat rahimmu berkontraksi dan kembali ke bentuk ketika hamil. Ini membutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk mengembalikannya ke bentuk normal.

Seluruh sel di tubuhmu yang membengkak ketika hamil akan keluar lewat cairan ekstra. Cairan ini  akan keluar dari tubuhmu lewat urin dan keringat. Nah, lemak yang tertimbun di tubuhmu juga akan terbakar dan hilang seiring kamu menyusui dan merawat bayimu.

  1. Milikilah Pola Hidup Yang Aktif

Kondisi tubuh sehabis melahirkan yang membutuhkan banyak tenaga tidak bisa menjadi alasan untukmu bermalas-malasan. Kamu tetap harus menggerakkan tubuhmu secara aktif. Misalnya, jika rumahmu memiliki dua lantai, cobalah untuk latihan naik turun tangga. Nah, latihan naik-turun tangga bisa membantumu membakar lemak tubuh. Manfaat lain adalah menguatkan otot paha, kaki, dan perut. Latihan ini cukup mudah dan bisa dilakukan di dalam rumah. Saat berlatih, letakkan si kecil di luar kamar agar tetap terpantau olehmu.

Jika kamu ingin berolahraga, coba beri jeda antara sebulan hingga dua bulan dari melahirkan, dan mulailah berolahraga! Di bawah ini ada beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan pasca melahirkan:

  • Gym

Jika sebelum hamil kamu rajin ke gym untuk fitness, sekaranglah saatnya kamu mulai lagi aktivitas menyenangkan tersebut. Jangan kuatir, Bu!  Karena justru olahraga akan membantu staminamu kembali pulih, pasca melahirkan. Namun jika kamu merasakan nyeri , infeksi atau pendarahan ketika nge-gym, segera berhenti dan periksakan ke dokter.

  • Cross Trainer

Cross trainer adalah alat olahraga yang bisa kamu gunakan untuk latihan dan mengembalikan bentuk badan seperti sebelum melahirkan. Ini adalah alat simulasi yang berisikan stair climbing, berjalan, ataupun lari. Alat ini sangat minim menimbulkan cedera, karena itu pas sekali buatmu yang baru saja melahirkan. Kamu bisa mengatur kecepatan dan jarak yang ingin ditempuh saat kamu berlatih di atascross trainer  tersebut.

Nah itu dia beberapa tips dan olahraga yang aman untuk dilakukan oleh ibu yang habis melahirkan. Selamat mencoba dan rasakan perubahannya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*