Cara Mengatasi Insomnia

Top Banner

smartdetoxsynergy.co.id. Gangguan sulit tidur mungkin pernah dirasakan oleh setiap orang, mulai dari yang biasa-biasa saja dimana sulit tidur hanya pada waktu-waktu tertentu dan tidak berlangsung lama, hingga gangguan yang sudah sangat akut dan masuk ke dalam kategori penyakit, yang dikenal dengan insomnia. Memang terkadang orang yang tidak memiliki riwayat insomnia pun tiba-tiba menjadi sulit tidur di waktu tertentu, biasanya dipengaruhi oleh factor aktivitas, misalnya terlalu banyak tidur pada siang harinya, mengkonsumsi kafein sebelum tidur, atau penyebab lainnya.
Insomnia yang berkepanjangan biasanya disebabkan oleh factor psikologis misalnya adanya tekanan pekerjaan yang menyebabkan stress, memikirkan sesuatu yang tak kunjung ada penyelesaian hingga terbawa saat hendak tidur, terlalu sering begadang sehingga lama-kelamaan menjadi kebiasaan yang menjadikannya sulit tidur lebih awal, dan terlalu banyak mengkonsumsi kafein sebelum tidur. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab anda menjadi sulit tidur, sehingga solusi yang dipilih pun akan menyelesaikan masalah hingga ke akar penyebabnya.
Beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasiinsomnia adalah sebagai berikut:

  1. Atur kembali jam tidur anda agar lebih teratur, usahakan untuk sering tidur terlalu malam (begadang) kecuali jika memang asda hal-hal yang mengharuskan anda untuk begadang
  2. Kurangi durasi tidur siang anda agar anda tidak sulit memejamkan mata di malam hari. Tidur siang tidak perlu lama, cukup 30 menit sampai 1 jam tetapi berkualitas
  3. Usahakan untuk merelaksasikan pikiran anda ketika hendak tidur. Anda dapat mendengarkan music-musik relaksasi atau lantunan ayat suci sebagai pengantar tidur anda. Lupakan segala penat dan permasalahan apapun yang anda alami agar pikiran menjadi lebih tenang. Tidur dalam kondisi berfikir sebenarnya juga sangat melelahkan, dan akan menghilangkan kesegaran pada saat anda bangun di pagi harinya
  4. Hindari penggunaan gadget sebelum tidur, letakkan gadget jauh dari jangkauan anda agar anda terhindar dari gangguan telepon dan sejenisnya, bahkan jika perlu matikan gadget anda selama waktu tidur
  5. Konsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium serta potassium tinggi seperti kacang almond atau pisang karena kandungan tripoftan di dalamnya mampu membantu anda tidur lebih cepat. Hindari minuman dan makanan berkafein paling tidak beberapa jam sebelum jam tidur anda, hindari pula nikotin dari rokok ketika anda tidak bisa tidur karena justru akan membuat anda semakin terjaga
  6. Hindari cahaya yang terllau terang disaat tidur, misalnya cahaya lampu ruangan, atau televisi dan computer. Matikan semua cahaya yang ada, kalaupun ada gunakan lampu khusus untuk tidur
  7. Jika suasana bising, gunakan penutup telinga agar suasana menjadi lebih kondusif untuk tidur
  8. Jangan terus-menerus memperhatikan jam dinding anda karena hanya akan membuat anda stress dan tertekan karena tak kunjung tidur
  9. Pastikan anda selalu membersihkan dan merapikan tempat tidur anda agar selalu nyaman untuk digunakan. Pilih bantal yang nyaman untuk dipakai dan biasakan untuk mengganti sprei anda
  10. Jauhkan hewan peliharaan anda karena bisa mengganggu ketenangan tidur anda
  11. Jangan lupa untuk selalu teratur berolahraga agar dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anda

Jika insomnia terus berlanjut, sebaiknya anda segera hubungi dokter dan meminta bantuan serta solusi yang tepat.
insomnia
Sumber:
forum dot kompas dot com
duniainter dot net

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*