Cara ampuh menurunkan berat badan setelah melahirkan secara Caesar

Top Banner

cara ampuh menurunkan berat badan setelah melahirkan secara Caesar 1Setiap ibu yang habis melahirkan pada umumnya mengalami peningkatan berat badan. Baik ibu yang menjalani persalinan secara normal maupun ibu yang menjalani persalinan melalui operasi Caesar. Namun perbedaannya, ibu yang melahirkan normal bisa lebih mudah dalam menurunkan berat badan dengan sendirinya, Sementara untuk proses persalinan melalui operasi Caesar membutuhkan usaha yang sedikit lebih banyak untuk menurunkan berat badan dan juga mengecilkan bagian perutnya yang membuncit. Akan tetapi ibu tidak perlu merasa khawatir, berikut ini ada cara ampuh menurunkan berat badan setelah melahirkan secara Caesar yang bisa ibu lakukan! Yuk kita simak ulasannya!

Cara ampuh menurunkan berat badan setelah melahirkan secara Caesar

Karena pertambahan berat badan secara drastic dan ukuran perut bertambah jangan lantas membuat ibu stress dan depresi ya! Menjadi gemuk memang tidaklah nyaman. Tapi hal itu sangat wajar dan setiap ibu mengalaminya. Bersabarlah dulu dan jangan laksung memaksakan untuk . Karena ibu tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk ibu serta sang buah hati tercinta.

Nah sekarang ini banyak perempuan yang memilih untuk tidak menyusui karena takut gemuk. Hal itu merupakan anggapan yang sangat salah. Memang pada saat menyusui nafsu makan akan menjadi tinggi. Akan tetapi hal itu diperlukan untuk memproduksi ASI, bahkan untuk menunjang gizi ASI. Ibu menyusui harus mendapat tambahan zat makanan sebanyak 500 kalori/hari. Ibu tidak perlu takut menjadi  gemuk, karena saat ASI dikeluarkan,  sama artinya dengan mengeluarkan sebagian makanan dan lemak dari tubuh. Malahan dengan menyusui badan bisa menjadi lebih cepat . Berat badan perempuan setelah melahirkan akan melonjak tinggi, oleh sebab itu pola program diet pasca melahirkan rendah kalori dan tinggi gizi sangat dianjurkan. Program ini tidak akan mengganggu produksi ASI ibu. Jika ibu melakukan diet seimbang untuk ibu menyusui yakni 2700 kalori serta berolahraga teratur, maka penurunanya akan lebih cepat dan efektif.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

Nah berikut ini adalah 10 cara sehat melakukan diet pasca melahirkan :

  1. Makan secara teratur dan seimbang.
  2. Olah raga teratur. 3 kali seminggu, minimal 30 menit dan maksimal 60 menit.
  3. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah terutama saat Anda lapar.
  4. Hindari makanan olahan yang mengandung gula murni ( gula pasir) dan gula jawa, seperti misalnya dodol, coklat, minuman soda, susu kental manis, kue-kue dan roti.
  5. Cara masak makanan diet yang baik adalah dengan merebus, mengungkep, mengukus, memanggang, menumis, membakar, dan tim.
  6. Hindari memasak (mengolah) makan dengan cara menggoreng.
  7. Batasi asupan karbohidrat seperti nasi, mie, talas, bihun, dsb.
  8. Kurangi mengonsumsi makanan yang tinggi lemak seperti gajih (lemak daging) dan junk food.
  9. Istirahat cukup, agar Asi tetap cukup untuk bayi.
  10. Gunakan minyak lemak tak jenuh pada masakan Anda seperti minyak zaitun, jagung, kedelai, canola, dan biji bunga matahari.

Untuk Menu Diet Pasca Melahirkan & Menyusui adalah sebanyak 2700 kalori per hari.

  • Takaran Menu Sehat Untuk Sarapan
    Nasi 150gram
    Daging/telur/ikan  40gram
    Tempe  25gram
    Sayuran  125gram
    Minyak goreng  12,5gram
  • Snack pukul 9.30-10.00 :
    Pisang 275gram
  • Takaran Menu Sehat Snack pk 16.00:
    Agar-agar/pisang  200gram
    Pepaya  175gram
  • Takaran Menu Sehat Malam hari:
    Nasi 200gram
    Ikan  40gram
    Tempe/tahu 50gram
    Sayuran 150gram
    Minyak goreng  12,5 gram
  • Snack pukul 21.00:
    pisang/kentang  200gram
    pepaya  175gram

Diet masih bisa ibu lakukan setelah minimal waktu jeda 6 minggu pasca operasi. Ibu juga sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli medis, seperti bidan dan dokter untuk mengkonsultasikan cara diet yang akan ibu ambil. Apakah diet tersebut aman atau tidak bagi kesehatan ibu dan bayi. Karena yang terpenting adlaah pemenuhan kebutuhan nutrisi dan gizi untuk sang buah hati. Itu semua sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang otak dan tubuhnya lho!

Jika ibu makan makanan sehat dan begizi maka ASI yang ibu berikan pun secara otomatis akan memilikibanyak nutrisi juga. Jadi jangan sampai ibu tidak makan hanya demi bisa kembali kurus ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*