Berbagai makanan dan vitamin untuk ibu yang sedang hamil

Top Banner

Kehamilan merupakan sebuah anugerah dari Tuhan yang sangat menakjubkan. Kehamilan juga merupakan sebuah amanah yang perlu dijaga oleh setiap pasangan orang tua. Cara menjaga kehamilan adalah dengan menyiapkann nutrisi terbaik untuk ibu dan janin yang ada di dalam kandungan.Oleh karena itu, setiap ibu hamil perlu ekstra hati-hati dalam menjaga pola makannya. Jangan makan makanan yang sembarangan apalagi makan makanan cepat saji yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Nah ini dia berbagai makanan dan vitamin untuk ibu yang sedang hamil agar kondisi tumbuh kembang janin dapat terjaga dengan baik. Yuk simak ulasan berikut ini ya!

Berbagai makanan dan vitamin untuk ibu yang sedang hamil

Keperluan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, mineral, air dan vitamin. Kandungan vitamin sangat dibutuhkan mengingat tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin. Sedangkan vitamin memiliki fungsi yang besar dalam membantu anda dalam proses metabolisme. Begitu juga pada ibu hamil yang membutuhkan vitamin tidak sekedar dalam metabolisme tubuh akan tetapi yang bermanfaat dalam membantu perkembangan janin. Oleh karena itu ibu hamil memerlukan jenis vitamin penting yang membantu perkembangan kehamilan.

Berbagai makanan dan vitamin untuk ibu yang sedang hamil

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

  1. Vitamin A

Vitamin A dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil apalagi dalam masa kehamilan trimester pertama. Hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh yang dapat meningkat dengan konsumsi vitamin A. Untuk memnuhi kebutuhan vitamin A, ibu bisa mengkonsumsi makanan seperti sayur-sayuran berwarna hijau dan orange, susu, serta hati ayam.

  1. Vitamin B

Berikut jenis vitamin B dan kegunaannya bagi ibu hamil.

  • Vitamin B1. Vitamin B1 atau dikenal dengan tiamin berguna untuk meminimalisir morning sickness bagi ibu hamil selain itu melancarkan pencernaan . Hal yang tak kalah penting pada trimester akhir konsumsi makanan dengan sumber vitamin B1 akan membantu dalam menyiapkan produksi ASI.Vitamin B1 di dapat dari hati, kacang-kacang, gandum.
  • Vitamin B2. Dikenal dengan istilah riboflavin yang berfungsi dalam perkembagan janin di minggu pertama dan membantu dalam mengurai makanan menjadi sari makanan yang dibutuhkan oleh janin selama masa kandungan. Makanan yang memiliki sumber vitamin B2 adalah keju, susu, brokoli, jamur, telur dan sayuran hijau.
  • Vitamin B 3. Berfungsi dalam membantu anda mengurangi mual dan muntah di kehamilan pertama dan membentuk sel otak janin. Viramin B3 dibutuhkan ibu hamil sebesar 18 mg. Anda dapat melengkapi dengan konsumsi gandum, hati, sayuran hijau, kacang tanah, susu.
  • VitaminBĀ  5. Vitamin B5 dangat berfungsi falam memelihara sel darah merah selama kehamilan, kebutuhan ibu hamil sebesar 5 mg. Anda dapat meningkatkan konsumsi ayam, alpukat, semangka dan ikan sarden.
  • Vitamin B 6. Dikenal dengan istilah pridoksin yang diperlukan dalam meningkatkan kekebalan tubuh selama kehamilan. Makanan dengan sumber makanan vitamin B6 adalah gandum, ikan, susu, kacang kedelai.
  • Vitamin B 12. Berperan selama kehamilan anda dalam membentuk sistem saraf pusat janin dan sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan 2,6 mkg. Makanan dengan sumber B12 terdapat pada telur, susu, rumput laut, daging sapi.
  1. Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan untuk ibu hamil dalam penyerapan zat besi di usus mengingat ibu hamil banyak yang mengalami anemia atau kurang darah. Konsumsi zat besi akan optimal dibarengi dengan vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan.

  1. Vitamin D

Vitamin D memiliki manfaat dalam mengurangi resiko hipertensi dan diabetes. Selain itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesulitan bernafas pada bayi. Bantuan sinar matahari memiliki peran dalam memberikan vitamin D pada tubuh.

  1. Vitamin E

MelindungiĀ  asam lemak yang dibutuhkan janin selain itu menjaga kualitas sel kulit ibu karen peregangan janin. Makanan dengan sumber vitamin E adalah gandum.

  1. Vitamin K

Vitamin K memiliki peranan yang sama dengan vitamin E melindungi asam lemak yang dibutuhkan janin. Selain itu juga memiliki peranan membentuk darah bagi ibu hamil. Berikut makanan dengan kandungan vitamin K yang berasal dari sayuran yang berdaun hijau.

Nah demikianlah asupan makanan yang mengandung vitamin yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Selamat mencoba ya!