Beberapa Cara Terbaik untuk Detox

Top Banner

Menjaga kesehatan tubuh memang tidak akan pernah cukup dengan menjaga pola makan saja. Di zaman yang serba instan ini banyak anak-anak yang sudah terkena penyakit-penyakit seperti kanker, tumor, dan sebagainya. Perubahan zaman yang semakin tidak beraturan memang menjadi salah satu faktor mudahnya penyakit masuk ke dalam tubuh kita. Pola hidup yang tidak baik seperti merokok, minum minuman beralkohol dan sebagainya juga sebagai faktor mudahnya penyakit tersebut masuk. Apalagi asap kendaraan dan asap pabrik yang menjadi polusi sudah sangat mengganggu sistem kekebalan tubuh kita. Tubuh kita pada dasarnya secara otomatis dapat melakukan detox yang bertujuan untuk menyingkirkan toksin-toksin atau racun dari tubuh kita yang berbentuk lemak dan minyak jahat. Namun, untuk membantu kinerja organ tubuh kita, ada beberapa cara yang bisa kita tempuh yaitu dengan cara terbaik untuk detox yang bisa kita lakukan sendiri.
Beberapa cara terbaik untuk detox antara lain yaitu makanlah serat yang cukup banyak jumlahnya. Serat ada dalam kandung beras cokelat, sayuran, buah-buahan, rumput laut, dan sebagainya. Kedua, bersihkan dan lindungi hati atau liver kita dengan herbal, salah satunya dengan mengkonsumsi teh hijau. Ketiga, konsumsi vitamin C yang cukup. Vitamin C dapat membantu tubuh untuk memproduksi glutathione yaitu senyawa liver yang dapat menjauhkan racun-racun. Keempat, lakukan kegiatan yang bisa mengeluarkan keringat seperti membersihkan rumah, berolahraga, sauna, dan sebagainya. Dengan mengeluarkan keringat berarti kita sudah mengeluarkan toksin dalam tubuh kita. Kelima, minum air minimal 2 liter sehari atau sekitar 8 gelas sehari.
Cara terbaik untuk detox lainnya adalah hindari stres, karena stres dapat membuat toksin tubuh kita semakin berkembang. Selain itu atur pernapasan dengan baik, karena oksigen bisa bersirkulasi ke seluruh bagian tubuh. Olahraga yang teratur juga sangat penting untuk mendetoksifikasi tubuh kita. Terakhir, kita bisa mencoba dengan rutin mengkonsumsi detox water yang terbuat dari sayur-sayuran dan buah-buahan maupun herbal lainnya. Caranya cukup mudah, siapkan air putih atau mineral yang ditempatkan dalam teko atau wadah tertutup lainnya, masukkan irisan tipis-tipis buah atau sayur seperti jeruk, lemon, pear, timun, daun mint, sawi dan sebagainya ke dalam air tadi. Diamkan sekitar 2-3 jam di dalam kulkas. Lalu, siap untuk disajikan di dalam gelas-gelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*